Beberapa Hal Gila Di Ujian Nasional 2013

1:50:00 PM 0 Komentar

"AAAAAAAAAAAAAAAAWW.. " Itu adalah sepotong suara dari beberapa siswa yang biasanya kesurupan beberapa saat sebelum Ujian Nasional berlangsung. Entah kenapa dia bisa kesurupan, gue dan Pak Tarno pun enggak tau.

Kertas Angker

Beberapa bulan sebelum Ujian Nasional tingkat SLTA berlangsung, guru-guru di sekolah gue udah mewanti-wanti mengingatkan kalo ujian tahun ini bakalan beda.
Bayangin aja, 1 PAKET 20 ORANG!! eh salah, 1 ORANG 20 PAKET!! dihh, agak susah sih, 1 PAKET 20 RIBU!! anjir, ribet banget nulisnya.. Bayangin aja (serius nih), 1 ORANG 1 PAKET 1 RUANGAN 20 ORANG JADI 1 RUANGAN 20 KAMPRET!!!!!!!!!

Ujian nasional tahun ini tuh gila banget, ini ada rinician kegilaannya:

1. Satu paket soal untuk satu peserta ujian
Ini gila, serius. Kenapa harus diadain ujian yang menyesakkan dada julia perez begini. Emang menurut pemerintah kita itu apa? Anak-anak remaja yang kerjaannya suka nyontek di saat ujian nasional yang di langsungkan serentak di seluruh Indonesia? BUKAN! Kita ini anak bangsa yang cerdas dan pintar, kita gak perlu di kasih satu paket soal yang isinya berbeda total dengan rekan siswa lainnya. Kita sudah belajar, Pak! Kita butuh DUA paket soal, Pak! Satu peserta UN butuh DUA paket soal, Pak!! Tapi karena pemerintah udah ngasih kita satu paket soal untuk satu peserta tahun ini, tolong saran saya ini untuk Ujian Nasional tahun depan aja ya, Pak.

2. Mulai mengerjakan soal ujian pukul 07.15 pagi.
Oh, shit. Ujian Nasional mulai jam 7 lewat seperapapat. Ini yang ngatur jadwal jam segini apakah beliau tidak mempunyai sedikit perasaan dan rasa iba. Gimana kalo ada peserta ujian yang jarak antara rumah dan sekolahnya harus mendaki gunung lewati melembah terlebih dahulu? Gimana kalo ada peserta ujian yang harus lewat jalanan aspal pake perahu karet setiap harinya? Kan kasihan. Seharusnya jam mulai ujiannya harus dipercepat lagi. Biar pada terlambat itu peserta-peserta pe'a kayak tadi.


3. Kertas lembar jawaban(LJUN) yang super tipis kayak pembalut
Parah! Gara-gara kertas LJUN yang ketipisan, gue denger-denger ada peserta yang gak mulai-mulai ngerjain soal gara-gara dia takut kertasnya bolong pas lagi asik-asik ngebulet-buletin jawaban! Urip namanya. Selama waktu ujian, si Urip cuma merhatiin temen-temennya yang udah anteng ngebuletin jawaban UN sambil sesekali maju kedepan kelas untuk nyabutin bulu ketek pengawas. Urip gagal lulus saat itu juga.

4. Soal dan lembar jawaban menggunakan Barcode
Ah, sudahlah...

5. Soal bersatu dengan LJUN
Ini agak aneh. Sebelum mulai ngerjain soal, kita diharuskan mengetes keterampilan tangan kita dulu. Caranya gimana? Nyobek nyobek kertas, harus rapi tapi. Gue heran aja, ini emang hal aneh, tapi bukan hal yang sulit sebenernya. Jadi anehnya pengawas itu nakut-nakutin kita dulu sebelum ngerobek. "ayo pelan pelan ya ngerobeknya, nanti kalo robek LJUN nya kalian harus membelai rambut kepala sekolah kalian lho.." Ini ancaman paling horor.. Banyak peserta yang jadi takut ngerobek, bahkan ada yang pake trik lama buat ngerobek kertas dengan lurus dan rapih, dijilat!

Sebenernya banyak banget hal aneh yang jadi rules buat UN tahun ini, misalnya gak boleh ngerokok pas ngerjain soal, gak boleh ngelus-ngelus kepala pengawas, gak boleh ngasih pengawas obat tidur, gak boleh ngebuletin jawaban pake bor listrik dan masih banyak lagi. Tapi cuma segitu aja yang bisa gue kasih tau ke elo buat nginget-ngingetin ke ade-ade atau temennya yang mau ngelaksanain UN tahun depan, semoga tahun depan lebih parah ya peraturannya, gak kenapa-kenapa kok peraturannya parah, yang penting kita sama-sama berdoa supaya semua yang menghadapi Ujian Nasional tahun ini ataupun tahun-tahun berikutnya di kasih berkah dari Tuhan berupa kelulusan, AMIIN......

Sekian ^^

Link Error

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: